Senin, 14 Januari 2013

   Pada motor Karburator adalah suatu tempat dimana udara dan bahan bakar di campur kan untuk menghasilkan berupa gas yang nantinya akan dimasukan keruan bakar untuk di bakar dan menghasilkan tenaga,karburator ini juga memiliki bagian- baigan diantaranya adalah pelampung ,mainjet skrup udara dan bensin throtlevale ,pegas pengembali dll.
Karburator apabila tidak dibersihkan secara berkala juga berakibat kurang baik bagi motor karena dapat mengganggu suplai gas yangdihasilkan juga berakibat pada borosnya bensin,



Alat yang dibutuhkan :
- Kuncipas / ring
- Obeng kembang dan gepeng
- Tang
- Wadah untuk tempat komponen - komponen karburator (bisa menggunakan nampan
- Sikat


Langakah pertama :
- Matilan keran bensin dan lepaas keran dari karburator dengan obeng.
- lepas Tebeng motor
- Lepas sambungan filter udara ke karburator dengan obeng lalu lepas juga sambungan yang keleher angsa (intake manifold) dengan kunci ring / pas tadi.
- Lepas karburator dan bawa ke nampan tadi
- Lepas semua komponen karburator, bak bensin karburator terlebih dahulu lalu disusul dengan melepas pelampung dan mainjet.
- Lalu bersihkan tiap komponen dengan sikat tadi,ushakan juga semprot dengan kompresorr kalo ada hehhe
- Setelah itu pasang kembali karburator seperti semula sesuai tempatnya.


Langkah Kedua menyetel karburator :
- Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek 1,4 - 1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.
- Setel gas untuk putaran 3000 - 5000 rpm lalu Hidupkan mesin.
- Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 - 1,6 putaran untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 - 2,6 putaran.
- Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi idle atau tidak mudah mati (900 -1100 rpm)
Lalu cek sekali dua kali untuk di gas.
- Setelah posisi idle mesin tidak mati,maka motor sudah dalam kondisi baik.
- jangan lupa memasang tebeng motor kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar